Apa itu Load Cell? Bagaimana cara kerjanya?

August 13, 2021

Load Cell untuk Timbangan

Ada banyak jenis load cell, ukuran, kapasitas, dan bentuk untuk setiap aplikasi penggunaan yang berbeda, namun mempelajari load cell adalah langkah pertama yang diperlukan untuk memahami bagaimana semua jenis dan model timbangan berfungsi. Ada berbagai jenis Load Cell yang berbeda berdasarkan aplikasi, termasuk S-Beam, Single-Ended beam, Double-Ended Beam, Single Point, Rocker Column, Compression Canister, Tension dan Planar Beam.

10 Fakta Load Cell

1.  Asal-usul Load Cell

Teknologi Load Cell dimulai pada tahun 1843 ketika fisikawan Inggris Charles Wheatstone menciptakan sirkuit jembatan untuk mengukur hambatan listrik. Dia menamakan teknologi baru ini sebagai jembatan Wheatstone, yang masih digunakan sebagai dasar pengukur regangan Load Cell saat ini.

2.  Jantung dari setiap sistem timbangan digital

Load cell adalah komponen terpenting dari sistem timbangan digital. Semua timbangan digital mengandalkan sel beban dan tanpanya, timbangan tidak dapat mengukur berat. Load cell adalah jantung dari setiap sistem timbangan yang menghasilkan data beban.

3.  Menggunakan Resistensi

Pengukur regangan menggunakan teori resistensi. Pengukur regangan terdiri dari garis kawat yang sangat halus yang dijalin bolak-balik dalam kisi-kisi zig-zag untuk menambah panjang efektif kawat ketika gaya diterapkan padanya. Kawat ini memiliki sejumlah hambatan. Ketika beban diterapkan, kawat itu meregang atau menekan, sehingga menambah atau mengurangi hambatan listriknya yang diukur untuk menentukan berat.

4.  Pengukuran yang beragam

Load Cell mampu mengukur lebih dari sekedar gaya kantilever, atau gaya yang ditimbulkan pada salah satu ujung Load Cell sehingga dapat mengukur hambatan listrik dari kompresi vertikal, tegangan, dan bahkan tegangan gantung.

5.  Tiga kelompok utama Load Cell

Load cell dikategorikan menjadi tiga kelompok utama: Environmentally Protected (EP), Welded Seal (WS), dan Hermetically Sealed (HS). Mengetahui jenis Load Cell yang Anda butuhkan untuk aplikasi Anda akan memberikan hasil yang optimal. Hermetically Sealed (HS) paling baik digunakan saat Anda perlu menjaga kelembapan agar tidak masuk ke sel beban. Jika peralatan Anda dicuci secara teratur, terkena debu atau perubahan kelembaban, ini akan menjadi jenis segel terbaik untuk aplikasi Anda. Environmentally Protected (EP) memerlukan pot rongga di lokasi pengukur regangan yang akan ditutupi oleh cincin khusus (Ring-O) untuk tempat kabel masuk ke Load Cell. Environmentally Protected (EP) pilihan terbaik untuk aplikasi indoor atau outdoor normal yang sudah memiliki perlindungan ekstra. Jenis segel ini melindungi Load Cell dari kelembaban sedang, serpihan, dan debu. Welded Seal (WS) adalah yang kategori terbaik untuk melindungi Load Cell terkena air, tetapi tidak dapat melindungi dari pencucian yang berat atau air bertekanan tinggi. Mereka mirip dengan Hermetically Sealed (HS) tetapi memiliki lokasi kabel Load Cell yang berbeda. Jenis Load Cell ini memiliki penutup yang dilas untuk perlindungan tambahan dari kelembaban dan udara. Dengan opsi ini, area pengukuran beban dilindungi tetapi entri kabel tidak.

6.  Defleksi

Defleksi adalah seberapa jauh Load Cell menekuk dari posisi awal. Hal ini disebabkan oleh gaya (beban) yang diterapkan pada Load Cell sehingga memungkinkan pengukur regangan untuk menghitung skala beban yang terjadi akibat proses defleksi tersebut.

7.  Kabel Load Cell

Kombinasi warna untuk kabel eksitasi, sinyal, shield, dan sense bisa sangat luas dengan masing-masing produsen mengembangkan kombinasi warna kabel mereka sendiri. Anda wajib merujuk ke buku manual untuk memastikan Anda membaca kabel dengan benar agar sistem timbangan Anda dapat berfungsi dengan benar.

8.  Penyesuaian dengan Sistem Timbangan

Anda dapat mengintegrasikan Load Cell ke dalam struktur yang sudah ada sebelumnya seperti hopper, tangki, silo, dan lainnya. Ini adalah solusi terbaik untuk aplikasi yang memerlukan manajemen inventaris, atau mengintegrasikan penimbangan ke dalam proses yang sudah ada.

9.  Akurasi Load Cell

Sistem timbangan dengan akurasi tinggi umumnya dianggap memiliki kesalahan sistem ±0,25% atau kurang; sistem dengan akurasi lebih rendah akan memiliki kesalahan sistem sebesar ±.50% atau lebih besar. Karena sebagian besar indikator timbangan biasanya memiliki kesalahan ±0,01%, sumber utama kesalahan timbangan adalah Load Cell serta pengaturan design mekanis pada sistem timbangan tersebut.

10.  Load Cell yang tepat untuk Anda

Cara paling efektif untuk membangun sistem timbangan yang berfungsi dengan sangat akurat adalah dengan memilih Load Cell yang tepat untuk aplikasi Anda. Oleh karena itu, Anda harus selalu berkonsultasi dengan teknisi spesialis timbangan untuk mengetahui Load Cell mana yang terbaik untuk setiap aplikasi.

Cara Kerja Load Cell pada Aplikasi Timbangan

Load Cell berisi pengukur regangan (strain-gauge). Sebuah pengukur regangan mengukur arus listrik dan hambatan ketika beban diterapkan pada timbangan. Ketika beban diterapkan pada timbangan, Load Cell akan mulai sedikit menekuk (defleksi). Ini kemudian akan menyebabkan hambatan listrik yang melalui Load Cell berubah. Indikator timbangan kemudian mengukur perubahan arus listrik untuk menampilkannya sebagai nilai berat digital.

Bagaimana memilih Load Cell yang tepat untuk Aplikasi Timbangan Anda?

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum memilih Load Cell, yaitu:
– Aplikasi seperti apa yang Anda gunakan
– Jenis sistem penimbangan yang Anda perlukan
– Bahan Material Load Cell (Stainless Steel, Alloy Steel)
– Resolusi minimum dan kapasitas maksimum yang Anda butuhkan
– Persetujuan (approval) apa yang dibutuhkan (NTEP, OIML, ATEX, FM Approved)

Kesimpulan

Memilih Load Cell yang tepat bisa jadi rumit, akan tetapi jika Anda memiliki pemahaman umum tentang Load Cell maka hal tersebut akan sangat membantu Anda mengetahui Load Cell seperti apa yang Anda butuhkan sehingga membuat seluruh proses menjadi lebih mudah.

Products you may like
Share to:
Share on facebook
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on twitter

Permintaan Penawaran

Require a scale for your business?