Faktor yang mempengaruhi daya tahan Jembatan Timbang

August 13, 2021

Daya Tahan Jembatan Timbang

Setelah Anda memahami dasar-dasar timbangan truk (Truck Scale), termasuk jenis pondasi dan dek, penting untuk memahami elemen spesifik yang meningkatkan ketahanan timbangan truk. Elemen seperti Box Load Cell (Housing), kandungan baja, dan tipe dek semuanya memengaruhi masa pakai jembatan timbangan.

Titik Pusat Tekanan Beban pada Truck Scale

Titik pusat tekanan beban tertinggi pada timbangan truk adalah ujung jembatan timbang yang mengelilingi kantong sel beban. Saat kendaraan masuk dan keluar dari timbangan truk, gaya terisolasi pada ujung modul dapat menyebabkan keretakan tegangan di geladak, yang mengganggu integritas dan akurasi timbangan. Beberapa timbangan truk memiliki kantong load cell yang dibaut pada modul, yang dapat membengkok dari modul sehingga menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki pada sistem. Model timbangan truk lainnya memiliki kantong load cell yang terintegrasi. Kantong load cell terintegrasi pas dengan aman di antara balok-I longitudinal yang memperpanjang panjang penuh modul, memberikan dukungan yang lebih besar pada titik-titik bertekanan tinggi di jembatan timbang. Memperkuat titik-titik tersebut dapat meningkatkan daya tahan jembatan timbang (Truck Scale).

Plat Dek Jembatan Timbang

Desain populer untuk jembatan timbang adalah dengan menggunakan pelat dek atas dan bawah dengan balok penyangga memanjang yang lebih sedikit untuk memberikan ketahanan timbangan truk dengan biaya awal yang lebih rendah. Kelemahan dari desain ini adalah penumpukan uap air di antara pelat dek karena perubahan suhu. Hal ini menyebabkan karat, melemahkan integritas struktural timbangan truk dan menyebabkan kegagalan fungsi pada komponen. Model timbangan truk lainnya menggunakan lebih banyak penyangga memanjang, sehingga tidak memerlukan pelat dek bawah. Sementara kandungan baja tambahan ini dapat menyebabkan harga pembelian yang lebih tinggi, ini memungkinkan untuk bagian bawah yang terbuka sehingga kondensasi di bawah modul dapat menetes ke fondasi dan menguap untuk mencegah karat.

Kandungan Baja pada Jembatan Timbang

Ada banyak model yang berbeda dari penyangga longitudinal untuk modul jembatan timbang. Beberapa modul memiliki penyangga lembaran logam atau canal C yang lain menggunakan balok-I meskipun ada juga variasi dalam ukuran balok-I. Model yang menggunakan balok-I yang lebih besar yang ditempatkan berdekatan memastikan roda kendaraan ditopang terlepas dari keselarasan di jembatan timbang, sehingga mengurangi tekanan pada masing-masing komponen. Ini dapat membantu mencegah modul dari membungkuk atau lesung, sehingga meningkatkan daya tahan jembatan timbang.

Dek Beton pada Truck Scale

Sumbu netral dalam timbangan truk dek beton adalah titik di mana kompresi yang diharapkan dari bobot kendaraan bergeser ke tegangan yang merusak. Beberapa manufaktur akan membuat dek beton 10 atau 12 inci yang dimana akan berakibatkan keretakan sebelum waktunya saat beton di bawah sumbu netral dan mengembang untuk melepaskan tegangan. Manufaktur lain merancang timbangan dek beton untuk menjaga beton tetap di atas sumbu netral. Substruktur balok-I baja dapat menopang beton dan memungkinkan ketegangan terlepas tanpa merusak dek beton, menciptakan Truck Scale yang memiliki daya tahan tinggi.

Kesimpulan

Ketika Anda ingin memiliki sebuah jembatan timbang (Truck Scale), maka sebaiknya Anda memastikan bahwa jembatan timbang Anda memiliki daya tahan yang kuat jika Anda tidak ingin menghabiskan biaya service dan maintenance yang tinggi.

 

Products you may like
Share to:
Share on facebook
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on twitter

Permintaan Penawaran

Require a scale for your business?